Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
Kurikulum yang digunakan di Prodi Ilmu Hukum saat ini, adalah kurikulum berdasarkan hasil seminar kurikulum Fakultas Hukum Universitas Pattimura yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Nomor 32/H13.1.1/SK/2008 yang mengacu dari Kepmen Diknas RI Nomor : 232/U/2000 dan 045/U/2002 tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kurikulum yang digunakan oleh mahasiswa Angkatan 2015 saat ini merujuk pada lokakarya kurikulum Fakultas Hukum yang dilaksanakan pada 17 September 2014 yang ditetapkan dengan surat Dekan Fakultas Hukum Universitas Pattimura No 49a/UN.13.1.1/SK/2014.

Untuk menyelesaikan pendidikan Program Studi Strata 1 Ilmu Hukum Fakultas Hukum, mahasiswa harus mengambil 154 SKS, diantaranya : 

 

Mata Kuliah Pilihan 6 SKS dipilih dari 12 SKS (Tersedia 48 SKS yang diperuntukkan bagi mahasiswa sebagai Mata Kuliah Penunjang Skripsi, yang dikelompokkan dalam 4 bagian, yaitu bagian Hukum Tata Negara, Hukum Pidana, Hukum Perdata dan Hukum Internasional. Masing-masing Bagian disediakan 12 SKS, dan mahasiswa memilih 6 SKS)

Mata Kuliah Wajib 148 SKS Mata Kuliah Wajib terdiri atas 

  1. Kurikulum nasional ( 74 sks/24 MK), Kurikulum Nasional terdiri dari: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian 6 SKS, Mata Kuliah Keahlian dan Ketrampilan 46 SKS, Mata Kuliah Keahlian Berkarya 12 SKS, Mata Kuliah Perilaku Berkarya 4 SKS, dan  Mata Kuliah Berkehidupan Bersama 6 SKS.
  2. Kurikulum institusional:

      1. Mata Kuliah Wajib Universitas untuk pengembangan Pola Ilmiah Pokok (Bina Mulia Ke lautan) 13 SKS, Mata kuliah wajib Fakultas ( 61 sks)

      2. Mata Kuliah Wajib Fakultas untuk Pengembangan Ilmu Hukum sesuai dengan kebutuhan profesi 61 SKS.

    Kurikulum inti :  48%, Kurikulum Institusional : 48 %

 

Tabel Kurikulum 2008 dapat diunduh disini

Tabel Kurikulum 2014 dapat diunduh disini