Mitra Kompolnas

Komisi Kepolisian Nasional adalah lembaga Kepolisian Nasional yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 jo Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2011, berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Mitra Kompolnas adalah Perguruan Tinggi yang menjalin kemitraan dengan Kompolnas dalam rangka membantu Kompolnas menerima pengaduan saran dan keluhan masyarakat di daerah berkenaan dengan kinerja Kepolisian. Kompolnas menjalin kerjasama dengan 19 Perguruan Tinggi di beberapa propinsi di Indonesia. Universitas Pattimura dipilih sebagai Mitra Kepolisian untuk wilayah propinsi Maluku.

 

Siapa yang boleh mengadu atau melapor?

Orang yang boleh mengadukan saran dan keluhan masyarakat adalah masyarakat umum, instansi pemerintah/swasta, organisasi kemasyarakatan yang ingin memberi saran atau merasa tidak puas dengan kinerja Kepolisian.

 

Siapa yang diadukan?

Pihak yang diadukan adalah anggota Polri dan atau Satuan Kerja (seperti Reserse dan Kriminal, Samapta, Lalulintas, Inteljen, Bina Mitra, dll). Di dalam pengaduannya, pengadu wajib mencantumkan identitas pihak yang diadukan, yatu nama lengkap, NRP (Nomor Registrasi Polisi), pangkat, jabatan,dan satuan kerja.

 

Apa isi laporan pengaduan?

Isi laporan pengaduan dinilai lengkap secara administratif jika mencantumkan:

  • a.       Identitas pengirim yang jelas
  • b.       Identitas teradu (nama, pangkat, jabatan, dan satuan kerja)
  • c.       Penjelasan/uraian tentang hal-hal yang menjadi dasar pengaduan (diharapkan jelas, runtut dan singkat).
  • d.       Hal-hal yang dimohonkan
  • e.       Laporan pengaduan ditandatangani oleh pengadu atau kuasanya
  • f.        Jika ada, pengaduan juga sangat penting melampirkan surat atau dokumen yang dikeluarkan Polri (seperti : STPL, surat penangkapan, surat penahanan, SP3, dll)

 

Penanganan saran dan keluhan masyarakat:

1. Saran dan keluhan masyarakat yang diterima oleh Mitra Kompolnas adalah yang berhubungan dengan kinerja kepolisian, antara lain berupa penyalahgunaan wewenang, dugaaan korupsi, pelayanan yang buruk, perlakuan diskriminasi, dan penggunaan diskresi yang keliru.

2. Saran dan keluhan masyarakat disampaikan langsung kepada Mitra Kompolnas di pos pengaduan (Fakultas Hukum Unpatti) maupun secara tertulis atau melalui email (mitrakompolnas.unpatti@gmail.com) dengan mencantumkan alamat dan identitas pengirim yang jelas, isinya dapat dipertanggungjawaban dan disertai dengan bukti-bukti yang akurat.

 

Tindak lanjut penanganan saran dan keluhan masyarakat:

1. Saran dan keluhan masyarakat yang diterima oleh Mitra Kompolnas kemudian dipelajari dan diklarifikasikan jenis pengaduannya, selanjutnya diteruskan kepada Kompolnas Pusat Dan ditembuskan kepada Polda.

2. Perkembangan laporan selanjutnya akan dimonitor oleh Mitra Kompolnas guna mendapatkan hasil klarifikasi dari Kompolnas pusat kepada pihak kepolisian.

3. Hasil tindak lanjut saran dan keluhan yang disampaikan kepada kompolnas pusat selanjutnya akan disampaikan kepada masyarakat yang melapor oleh Mitra Kompolnas.