Fakultas Hukum Unpatti Bakal Buka Program S3

Saturday, 01 December 2012

Fakultas Hukum Unpatti Bakal Buka Program S3

Ambon - Fakultas Hukum Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, ditahun 2013 mendatang telah merencanakan untuk membuka program S3. Rencana dibukanya program ini sudah di rintis oleh fakultas ini sejak lama bahkan telah melalui beberapa tahapan dan persiapan yang matang.

 “Kita berupaya untuk me­ning­katkan kualitas sumber daya tenaga pengajar. Mu­dah-mudahan tahun depan kita sudah bisa buka program S3. Persyaratannya harus gelar doktor dan kita sudah mencapai kurang lebih sekitar tujuh orang. Dan tahun depan kita berupaya sekitar tiga atau empat orang lagi. Sehingga kita bisa buka program doktor,” kata Plt Dekan Fakultas Hukum Unpatti, Jhon Dirk Pasalbessy, kepada wartawan di sela-sela ke­giatan Inagurasi mahasiswa baru, tahun ajaran 2012-2013, yang berlangsung di Baguala Resort, Jumat (30/11).

Pasalbessy mengaku, untuk mencapai rencana pembu­kaan program doktor tersebut, maka Fakultas Hukum Unpatti berupaya meningkatkan kua­litas termasuk peningkatan sumber daya yang ada di dalam fakultas itu sendiri.

Menurutnyu, banyak per­siapan untuk kemajuan insti­tusi ini kedepan telah dilaku­kan, termasuk persoalan yang berkaitan dengan perkem­bangan dunia. Dimana, pada tahun lalu Fakultas hukum Unpatti sudah lakukan akre­ditasi dan mendapatkan peni­laian B gemuk atau kurang lebih 0,4 lagi mencapai nilai A.

Itu berarti, ditahun 2014 mendatang Fakultas Hukum berupaya untuk mendapatkan standar A. dan jika mendapat­kan standar A, maka jawaban untuk mencari standar inter­nasional akan masuk.

Inagurasi

Sementara itu ajang Ina­gurasi Mahasiswa Baru Fa­kul­tas Hukum Unpatti tahun ajaran 2012-2013 yang dilaku­kan tersebut dijadikan seba­gai momentum perkenalan diri, baik kepada mahasiswa yang lebih dahulu maupun kepada para dosen.

“Inagurasi ini dilakukan untuk memperkenalkan diri kepada mahasiswa maupun pada dekan, dosen. Ini meru­pakan tradisi fakultas yang dilakukan untuk mening­katkan kualitas, intelektual bagi nusa dan bangsa. Ini juga jangan dilihat untuk jadi besar tetapi ini jadi momentum resmi sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Unpatti,” ujarnya.

Dikatakannya, lewat kegia­tan ini walaupun sebagai tradisi tetapi harus dihargai. Apalagi di dalam Inagurasi ini dilakukan pembacaan panca pra ikrar, yang mana memiliki etika dan jika panca ikrar ini dilanggar tentunya ada sanksi yang diberikan.

“Kita punya etika, dengan panca ikrar/ janji selama anda berada di fakultas. Kalau melanggar akan ada sanksi dari pimpinan dan itu dilaku­kan tidak segan-segan,” tan­das Pasalbessy.

Olehnya itu, mahasiswa baru dituntut untuk menjaga intelektualitas, moral, mental agar lulusan fakultas ini dima­na saja selalu dan tetap men­genang bunda asuh alma­mater sehingga dirinya berha­rap, Fakultas Hukum Unpatti sebagai fakultas tertua di Unpatti harus menjaga etika, moral, piranti-piranti sebagai seorang mahasiswa Fakultas Hukum. “Saya berharap ke­giatan ini adalah kegiatan kekeluargaaan. Oleh karena itu kami memilih dilakukan di Baguala Resort karena ini merupakan dunia kebersamaan setelah tiga hari melakukan oriantasi penge­nalan kampus atau ospek.(S-27)

 

Sumber