Denny J. Syauta Memperoleh Juara I Pembicara Terbaik dalam lomba Debat Hukum Pemajuan dan Perlindungan Ham : Selangkah Lebih Dekat dengan ASEAN

Kamis, 05 September 2013

​“Harapan saya dengan mengikuti rangkaian acara ini, para peserta dapat melihat ASEAN bukan sebagai forum milik pemerintah semata, namun juga sebagai bagian dari masyarakat sehingga ada rasa kepemilikan terhadap ASEAN”, berikut disampaikan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, I Gusti Agung Wesaka Puja dalam Penutupan Kolokium Nasional Komunitas ASEAN 2015: Debat Hukum Pemajuan dan Perlindungan HAM di ASEAN, Jakarta, Kamis, (05/09).

Rasa kepemilikan dimaksud dirasakan betul oleh salah satu anggota Juara I Tim Debat Hukum, Arif Sharon Simanjuntak dari Universitas Negeri Semarang. Menurut Arif, acara tersebut sangatlah bermanfaat karena para peserta debat hukum yang merupakan mahasiswa hukum dari 32 universitas di Indonesia, menjadi lebih paham dengan perkembangan HAM di ASEAN dan Komunitas ASEAN 2015.


Acara Debat Hukum Pemajuan dan Perlindungan HAM yang merupakan bagian dari Kolokium Nasional Komunitas ASEAN 2015 berlangsung selama dua hari (4 – 5 September 2013) dan menghadirkan pihak-pihak yang paling berkompeten dalam isu HAM di kawasan seperti Dr. Hassan Wirajuda dan Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo sebagai juri.

Tujuan dari acara tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan mengenai HAM dan mekanisme penyelesaian sengketa di ASEAN serta meningkatkan kemampuan para peserta dalam menyusun dan menyampaikan argumen pada forum resmi internasional.

Pemenang dari Debat Hukum Pemajuan dan Perlindungan HAM di ASEAN adalah sebagai berikut : (1). Juara I Argumen Tertulis Terbaik : Universitas Islam Indonesia; (2) Juara Pembicara Terbaik I : Sdr. Denny Jacob (Fakultas Hukum Universitas Pattimura); (3). Juara I Tim Debat Hukum : Tim 8; (4). Juara II Argumen Tertulis Terbaik : Universitas Jember; (5). Juara II Debat Hukum          : Sdr. Richa Septiawan (Univ. Sultan Ageng Tirtayasa); (6). Juara II Tim Debat Hukum  : Tim 1. (Sumber : Dit. Infomed)

Sumber ( http://www.kemlu.go.id/Pages/News.aspx?IDP=6420&l=id)

Selamat Kepada Saudara Denny Jacob Syauta (Juara Pembicara Terbaik I & Juara II Tim Debat Hukum) dan Saudara Sostones Sisinaru (Peserta Semifinalis urutan ke-4 terbaik) karena telah mengharumkan nama Almamater