Workshop E-Learning Untuk Meningkatkan Kapasitas Pembelajaran

Poka - Selasa (14/05). Pembelajaran E-learning merupakan bagian dari tuntutan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini. Melalui pembelajaran model ini diharapkan dosen dan mahasiswa dapat lebih interaktif dan menyenangkan. Seiring dengan hal ini, Pembelajaran Daring (online learning) telah semakin banyak diterapkan dalam pembelajaran di Perguruan Tinggi. Salah satunya FH UNPATTI yang akan menerapkan konsep e-learning dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, wawasan tentang prinsip-prinsip pedagogik, metodologi dan ketrampilan mengajar dosen dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil belajar mahasiswa. Terkait hal itu, Sub Bagian Akademik FH UNPATTI mengadakan Workshop E-learning untuk mahasiswa pada hari Selasa 14 Mei 2019, bertempat di ruang Perpustakaan, dan diikuti sebanyak 90 peserta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Merry Tjoanda, S.H., M.H. Ketua dosen bagian hukum Perdata Dr. Teng Berlianty, S.H., M.Hum., Kepala Sub Bagian Akademik, ibu Jolla Pattipeiluhu, S.E., M.M. Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan, ibu Bertha Salu, S.E., Sebagai narasumber dari kegiatan ini adalah Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Pattimura Jonny Latuny, S.T., M.Eng., Ph.D. Moderator bapak Erwin Ubwarin, S.H., M.H.

Dalam sambutannya Wakil Dekan bidang Akademik mengatakan bahwa saat ini Perguruan Tinggi sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0, dimana Dosen dan mahasiswa dituntut untuk menguasai metode E-Learning, sebagaimana himbauan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Prof. Mohamad Nasir, yang pernah menyatakan dalam Dialog Nasional “Sukses Indonesiaku” bahwa Perguruan Tinggi, baik swasta maupun negeri diminta mempersiapkan diri menyikapi dampak dari revolusi industri dengan pengembangan online learning. Sebab di masa mendatang belajar tidak ada batasan ruang (borderless).

Dalam workshop kali ini, para peserta diperkenalkan terlebih dahulu mengenai e-learning selanjutnya mempraktekan pengisian konten e-learning berbasis Moodle agar mampu menggunakannya.

Images