PERBATASAN NEGARA SEBAGAI MANIFESTASI KEDAULATAN NEGARA

Unpatti,- Bertempat di Aula Lantai III Fakultas Hukum Unpatti melaksanakan Seminar bertajuk “Perbatasan Negara Sebagai Manifestasi Kedaulatan Negara” yang digelar oleh Pusat Kajian Konstitusi, Selasa (21/3).

Menghadirkan tiga Narasumber yakni, Kepala Biro Pengelola Perbatasan Negara Ir. Irham N. Tuanaya, Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana TNI A. Simatupang dan Dr. Jemmy Pietersz., SH, MH, dengan Keynote Speaker Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas N. Orno. Seminar ini di hadiri oleh 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa S1, S2, dan pelajar se-Kota Ambon.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno., SH, M.Hum yang membuka kegiatan mengucapkan terimakasih atas kehadiran Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas N. Orno dan para undangan. Dalam sambutannya Rektor mengatakan, Perbatasan Negara kini menjadi sektor penting dalam perdebatan semua negara di dunia. Pemerintah Indonesia pun harus serius melihat masalah ini sebab masyarakat di Maluku, khususnya masyarakat Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), lebih banyak tahu tentang Timor Leste dan Australia ketimbang Maluku secara umum dan Indonesia.

 

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Dr. Rory J. Akyuwen, SH., M.Hum dalam sambutannya mengatakan perbatasan negara adalah sektor keluar masuk perdagangan Nasional dan Internasional, maka sudah seharusnya negara memperhatikan batas – batas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bicara soal Ekonomi, Pertahanan, Keamanan negara ada semua di perbatasan negara kita, maka sudah seharusnya kita mempertajam analisis kota tentang perbatasan negara sebagai manifestasi kedaulatan negara kita, ungkap Akyuwen”.

Wakil Gubernur Maluku, Drs. Barnabas N. Orno usai acara tersebut kepada Humas Unpatti mengatakan bahwa kegiatan seminar yang dilakukan oleh Pusat Kajian Konstitusi Fakultas Hukum Unpatti merupakan satu gerakan untuk melihat dan mempertahankan perbatasan Negara.

“Ekonomi Bangsa kita ada di perbatasan, maka pemerintah harus membangun sarana prasarana untuk menunjang perekonomian tersebut, seperti membangun jalan, jembatan dan juga infarstruktur lainnya” ungkap Orno.

Seminar ini di hadiri oleh Dir Pol Air Polda Maluku, Kepala Badan SAR Ambon, Kepala Bagian Hukum Pemerintahan Kota Ambon, Kepala Dinas KKP, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Perwakilan Dari KAPOLDA Maluku, Kepala Dinas Imigrasi Ambon dan Dosen Fakultas Hukum Unpatti. Seminar ini juga di ikuti oleh mahasiswa Fakultas Hukum Unpatti dan pelajar sekolah di Kota Ambon.

(Sumber berita : https://unpatti.ac.id/2019/05/perbatasan-negara-sebagai-manifestasi-kedaulatan-negara/)