Sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) untuk dosen

Poka - Senin (19/03) Fakultas Hukum Universitas Pattimura menjadi Fakultas pertama yang dikunjungi oleh beberapa staf bidang Kepegawaian Rektorat, dalam rangka Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi atau yang disingkat SISTER untuk dosen.

Kegiatan ini mewajibkan seluruh tenaga dosen mengikutinya, karena dalam pengurusan BKD, SKP dan PAK, kedepannya menggunakan aplikasi SISTER yang bersifat daring. 

Dalam kegiatan ini narasumber menjelaskan tentang apa itu SISTER dan fungsi kegunaannya untuk apa. Untuk diketahui bahwa setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridarma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung. Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih tercecer dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya.

Melalui SISTER juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya. Kemudian asesor / reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut.
Integrasi antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti akan mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio. Semua aktivitas pengajaran tidak perlu diisikan ulang di SISTER.

Data yang diisikan oleh dosen ke dalam SISTER dapat divalidasi oleh kepegawaian PT, pimpinan PT, pimpinan Kopertis, dan Kemenristekdikti. Setelah divalidasi, data-data di dalam SISTER memutakhirkan database PD-Dikti.

SISTER direncanakan sebagai one-stop-service yang melayani seluruh rangkaian portofolio, pemutakhiran data dosen, dan proses-proses terkait karir dosen. Pada akhirnya diharapkan pendokumentasian aktivitas tridarma dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah, lebih efisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER.

Aplikasi ini mulai diberlakukan per 1 Juli 2018. Setiap dosen akan membuatkan akun untuk masuk ke aplikasi SISTER. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, data dosen Universitas Pattimura khususnya Fakultas Hukum yang ada pada PD-Dikti, dapat terupdate.