UKM Kewirausahaan mengadakan Seminar Kewirausahaan

Poka - Sabtu (12/05). Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan FH UNPATTI mengadakan Seminar Kewirausahaan, dengan tema "e-Commerce Di Era Globalisasi". Dalam kegiatan ini terdapat 3 (tiga) Narasumber yaitu, dr. Marissa Matinahoru, Anggrani Chaniago, S.E.,M.M. dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPATTI, Iqbal Taufik, S.H., M.H. dosen FH UNPATTI. 

Narasumber pertama, dr. Marissa Matinahoru menerangkan mengenai cara membuat toko online (Online Shop) pribadi. Dalam pemaparannya, beliau mejelaskan ada 3(tiga) hal penentu suksenya marketing melalui media sosial yaitu Kualitas Konten (foto, video, teks dan link), Pemilihan Waktu Posting (sesuai target usia - pekerja), dan Frekuensi Postingan.

Narasumber kedua, Anggrani Chaniago, SE.,M.M dalam pemaparannya beliau menjelaskan bagaimana sesorang dapat menjadi pengusaha sukses, yang tentu menguasai beberapa hal seperti Teknik Pemasaran Produk, Prinsip Dasar Pemasaran. Selain itu beliau menerangkan tentang 5 (lima) Teknik/Strategi pemasaran dalam berbisnis yang Bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan produk. Menurut beliau, berhasil tidaknya suatu perusahaan dalam memasarkan produk yang dihasilkan baik itu barang maupun jasa, sangat dibutuhkan teknik pemasaran yang baik dan tepat, sebab teknik dalam memasarkan sebuah produk merupakan ujung tombak bagi perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Narasumber yang terakhir Iqbal Taufik, S.H., M.H., beliau memaparkan sisi aspek hukum dari e-Commerce itu sendiri. Beliau mengatakan bahwa dalam e-Commerce ada 2 (dua) ranah hukum, yaitu hukum Keperdataan yang berbicara masalah hukum bisnis, dan hukum Pidana yang berbicara mengenai masalah cybercrimenya. Selain itu juga beliau menjelaskan mengenai bagaimana perlindungan hukum bagi e-Commerce serta peraturan-peraturan yang terkait dengan itu.

Di sesi terakhir acara seminar ini, diadakan pelatihan pembuatan ES KEPAL Taro. Pelatihan ini dilaksanakan oleh Ibu Anggraini Chaniago, S.E., M.M. kepada pembina beserta para anggota UKM Kewirausahaan FH UNPATTI.

 

Image