Buka Puasa Bersama Mahasiswa Reguler II

Poka - Rabu (06/06). Kegiatan Buka Puasa Bersama Mahasiswa Reguler II (ekstension) dilakukan di halaman FH UNPATTI, pada hari Rabu 6 Juni 2018 pukul 18.00 WIT. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, para Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 

Pada kegiatan ini, Dekan memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa kegiatan Buka Puasa Bersama sivitas akademika FH UNPATTI sudah menjadi tradisi sejak lama, yang terus dilakukan sampai saat ini. Nilai-nilai kebersamaan, kerukunan dan toleransi antar umat beragama di FH UNPATTI bukan hanya sekedar kata-kata belaka, namun sudah dipraktekkan sejak dulu hingga sekarang, salah satunya adalah melalui kegiatan kebersamaan semacam ini. Fakultas tidak melihat dari jumlah peserta yang hadir pada kegiatan ini secara kuantitas, tetapi yang lebih diutamakan adalah kualitas dari makna berbuka puasa dalam upaya membina nilai-nilai tersebut.

Kegiatan ini juga diisi dengan siraman rohani dari Dr. Arman Anwar, S.H., M.H. Tema tausyiah tentang perintah puasa dalam konteks sejarah keumatan. Berdasarkan pada kajian atas buku hadits dan tafsir Qur'an, seperti buku Hadits yang berjudul Sahih Al Bukhari, karangan Imam Bukhari, buku tafsir Qur'an karangan Imam Al Qurtubi, dengan judul Al Jamiili Ahkamil Quran dan buku tafsir Qur'an Karangan Ibnu Katsir, diketahui bahwa puasa telah di wajibkan kepada Nabi dan umat terdahulu sebelum Nabi Muhammad SAW, seperti Nabi Dawud Alaihisalam, Nabi Musa Alaihisalam, Nabi Isa Alaihisalam. Bahkan juga kepada Nabi Adam Alaihisalam. Hal ini sangat sesuai dengan perintah Allah SWT untuk berpuasa kepada Nabi Muhammad SAW, sebagaimana yang terdapat pada Al Qur'an dalam surat Al Baqarah ayat 183, yang artinya (dalam bahasa Indonesia) adalah Wahai orang yang beriman, telah diwajibkan kepadamu untuk berpuasa, sebagaimana juga telah diwajibkan kepada umat-umat terdahulu sebelum kamu, agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa. Maha Benar Allah dengan segala firmanNya.

Kegiatan diakhiri dengan berbuka puasa bersama.

 

Images

bukber-reguler-ii-2018-1 bukber-reguler-ii-2018-2 bukber-reguler-ii-2018-3 bukber-reguler-ii-2018-4 bukber-reguler-ii-2018-5