Pre-Assessment ISO 9001:2015

Poka - Rabu (08/08). Bapak Drs. Muhammad Rosiawan, M.T. (trainer ISO dari BSI) melakukan kunjungan selama 3 hari di FH UNPATTI untuk melakukan Pre-Assessment terkait dengan implementasi Plan, Do, Check, Action (PDCA) pada sistem manajemen mutu Fakultas, apakah sesuai dengan standar ISO 9001:2015.

Tujuan dari pre-assessment adalah untuk menyiapkan proses pendaftaran dan penilaian sertifikasi sesuai dengan ruang lingkup yang diusulkan sesuai dengan persyaratan standar manajemen mutu ISO 9001:2015.

Hari pertama kegiatan, dilakukan observasi terhadap semua fasilitas, sarana prasarana pendukung pembelajaran di semua bidang, seperti perpustakaan, laboratorium, ruang pengarsipan, ruang kuliah, ruang dosen, ruang tata usaha, ruang DPMF, dan fasilitas lainnya.

Hari kedua kegiatan adalah memeriksa sejauh mana dokumen - dokumen yang sudah disiapkan oleh masing-masing sub bagian tata usaha. dokumen-dokumen tersebut antara lain Standar Operasional Prosedur (SOP), dokumen Manajemen Resiko, dokumen perawatan Barang Milik Negara, dan dokumen-dokumen lainnya.

Hari ketiga kegiatan adalah melakukan pertemuan dengan tim Gugus Penjaminan Mutu (GPM) FH UNPATTI, untuk menanyakan sejauh mana langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh tim GPM dalam memonitor siklus PDCA. Selain itu tim GPM membuat penjadwalan untuk melakukan Audit Internal ISO 9001-2015.

Pada sesi terakhir pertemuan, bapak Rosiawan memberikan laporan Pre-Assessment. Laporan tersebut mengenai beberapa temuan-temuan yang ada pada saat melakukan pengecekan. temuan-temuan tersebut disampaikan kepada Top Management, dalam hal ini adalah Dekan, wakil Dekan dan Ketua Program Studi, agar dapat ditindak lanjuti.

Kesimpulan dan rekomendasi terakhir yang diberikan oleh bapak Rosiawan adalah, berdasarkan hasil audit ini bahwa Fakultas Hukum Universitas Pattimura cukup dalam memenuhi standar ISO 9001:2015, dan kriteria audit yang diidentifikasi dalam laporan audit dan dianggap bahwa sistem manajemen terus mencapai hasil yang diinginkan. Sedangkan rekomendasi yang diberikan adalah Fakultas Hukum Unpatti perlu membuat rencana tindakan perbaikan untuk temuan minor tersebut. Fakultas Hukum Unpatti dapat direkomendasikan untuk melanjutkan proses sertifikasi ISO 9001:2015, dengan catatan bahwa semua rencana tindakan perbaikan telah dilakukan secara efektif.

 

Images

Pre-Assessment Pre-Assessment Pre-Assessment Pre-Assessment Pre-Assessment