BSI Rekomendasikan Fakultas Hukum Raih Sertifikat ISO 9001:2015

ISO

UNPATTI,- Langkah maju diterobos Fakultas Hukum Universitas Pattimura. Setelah mengantongi akreditasi A, BSI merekomendasikan Fakultas Hukum UNPATTI meraih Sertifikat ISO 9001:2015.

Rekomendasi itu disampaikan Boedi Prasetyo selaku team Leader BSI (British Standards Institution) kepada Pemimpin dan Civitas Akademika Fakultas Hukum UNPATTI dalam Closing Meeting pada Kamis sore (19/12) di kampus Fakultas Hukum UNPATTI.

 Hadir dalam Closing Meeting antara lain Dekan Fakultas Hukum Dr. R. J. Akyuwen, SH., M.Hum, bersama Wakil Dekan I dan III serta para Dosen Fakultas Hukum dan para Tenaga Kependidikan Fakultas Hukum.

ISO (International Organization for Standardization) merupakan sistem manajemen mutu untuk melakukan review dan perubahan secara berkala sesuai dengan kaidah yang diatur oleh ISO. Perubahan dilakukan dalam rangka mengimbangi standar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan pelanggan, serta relevensi terhadap industri dan lingkungan makro organisasi yang mengadopsi sistem manajemen mutu.

Review dan perubahan ISO 9001-2015 bertujuan antara lain memudahkan integrasi dengan sistem manajemen lainnya, menyediakan pendekatan yang integrative terhadap konsep manajemen organisasi dan memastikan standar Internasional memenuhi kebutuhan seluruh bidang organisasi yang mengadopsinya. Juga meningkatkan kemampuan organisasi dalam memuaskan penggan.

Kepada Civitas Akademika Fakultas Hukum, Boedi sebagai wakil dari BSI menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bapak Dekan yang menjadikan kami partner dalam proses sertifikasi ISO 9001:2015, juga semangat, komitmen dan keramah tamahannya dalam pelaksanaan sistem menejeman mutu dengan kondisi dalam pemulihan akibat gempa masih tetap berjalan dengan penuh semangat atas kegilaan yang dilakukan bapak dan Ibu Auditee.

Rasa bangga juga di sampaikan Dekan Fakultas Hukum UNPATTI, Dr. R. J. Akyuwen, SH., M. Hum ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim leader BSI yang dalam beberapa hari telah melakukan pemeriksaan terhadap manajemen fakultas Hukum.

Menurut Akyuwen, dalam keadaan Ambon yang mengalami gempa beberapa waktu yang lalu dan tim Gugus Jaminan Mutu Fakultas Hukum mempunyai kesibukan pribadi yang cukup tinggi sehingga proses ini diragukan dapat berjalan ataupun tidak akan tetapi kita tetap bertekat mengkomunikasikan dengan tim BSI di Surabaya dan saya berangkat bersama salah satu tim Gugus Jaminan Mutu bapak Yohanes Michael untuk reschedule audit, maka disepakati pilihan back to back. Sehingga kita sampai pada hari ini dengan proses audit dari hari Senin tanggal 16 sampai hari ini tanggal 19 Desember kita direkomendasikan Fakultas Hukum UNPATTI meraih Sertifikat ISO 9001:2015.

Setelah Hukum meraih akreditasi A dari BAN PT pihaknya bersama Civitas Akademika memang berkomitmen untuk meningkatkan performa Fakultas Hukum agar lebih baik dengan menerapkan standar internasional. “Diraihnya ISO 9001:2015 yang direkomendasikan tim leader BSI merupakan langkah nyata Fakultas Hukum mendukung sekaligus mempertahankan capaian akreditasi. Ini bukan semata keberhasilan Fakultas Hukum tetapi juga Universitas Pattimura”, ungkap Akyuwen.

Harapnya, dengan ISO yang didapat bisa meningkatkan kinerja dari mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan karena ini bukan untuk kepentingan seorang dekan akan tetapi kepentingan institusi sehingga bisa merencanakan akreditasi yang akan dilaksanakan di tahun-tahun mendatang. Pencapaian Fakultas Hukum bisa memicu Fakultas yang lain untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

Dekan juga berterimakasih kepada Tim Gugus Jaminan Mutu Fakultas Hukum yang diketuai Dr. Jemmy Jefry Pietersz, S.H., M.H., dengan anggota Iqbal Tufik, SH., M.H., Erwin Ubwarin, SH., M.H., Ade S. Karmen, SE dan Yohanes Michael yang tidak pernah mengeluh dalam melakukan pekerjaan ini karena merka bekreja bukan untuk kepentingan pribadi melainkan kepentingan lembaga yang di kedepankan. Untuk setiap staf dari Wakil Dekan I dan Wakil Dekan III juga saya ucapkan terimakasih atas kerjasamanya.

Ketua Gugus Jaminan Mutu Fakultas Hukum Dr. Jemmy Jefry Pietersz, S.H., M.H mengatakan peningkatan kualitas pendidikan secara kontinyu merupakan tuntutan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dalam peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar penyelenggaraan pendidikan tinggi dimaksud memberikan penekanan pada upaya menjamin mutu pendidikan dalam rangka mencerdaskan bangsa.

Dalam kaitan dengan proses menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan, Fakultas Hukum Universitas Pattimura berupaya melakukannya dengan didasarkan pada ISO 9001:2015 yang merupakan bagian dari sistem manajemen mutu (Quality Manajemen System/QMS) untuk memberikan pengembangan produk dan jasa kepada pelanggan. Sasaran QMS dari ISO 9001:2015 bertumpu pada peningkatan proses secara terus menerus dan mengelola risiko bisnis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya.

Fakultas Hukum Universitas Pattimura sebagai penyelenggara pendidikan tinggi di Bidang Ilmu Hukum berupaya menggunakan instrumen ISO 9001:2015 dalam rangka menyatakan komitmen untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan (mahasiswa) dalam penyelenggaraan pemberlajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai core akademic. Dalam proses bisnis inilah penyelenggaraan aktivitas akademik sejak mahasiswa berproses di Fakultas Hukum Universitas Pattimura hingga lulus didasarkan pada standar mutu yang telah ditetapkan. Pada intinya kepuasan mahasiswa dan stakeholder menjadi sasaran mutu yang ingin dicapai.

Sumber : Humas Unpatti