ACARA PEMBUKAAN LOMBA DEBAT KONSTITUSI TINGKAT SMA/MA SE-KOTA AMBON TAHUN 2013 DALAM RANGKA PERAYAAN DIES NATALIS KE-57 FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PATTIMURA

Lomba Debat Konstitusi Tingkat SMA/MA se-Kota Ambon Tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Pattimura dalam rangka perayaan Dies Natalis yang ke-57 dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Pattimura; Dr. J. Tjiptabudy, SH., M.Hum, Jumat 27 September 2013 di Ruang Auditorium Gedung Fakultas Hukum Universitas Pattimura, dan  dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si dan Walikota Ambon; Richard Louhenapessy, SH beserta tamu undangan lainnya baik yang berasal dari dalam lingkup Universitas Pattimura maupun yang berasal dari sekolah-sekolah peserta lomba.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 2 hari (27-28/9) ini akan mendebatkan mosi yang semuanya berhubungan langsung dengan hak-hak konstitusional Warga Negara sebagaimana yang dijamin dalam UUD NKRI Tahun 1945, seperti Kuota 30% Calon Legislatif Perempuan, Pencabutan Hak Untuk Kepentingan Umum dan lain sebagainya, dan diikuti oleh 17 Peserta (Tim) yang berasal dari 17 SMA/MA baik Negeri maupun Swasta yang berada dalam wilayah Kota Ambon.

Visi untuk menjadi Center of Excellence Ilmu Hukum, yang disebutkan oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Pattimura; Dr. J. Tjiptabudy, SH., M.Hum dalam acara Pencanangan Dies Natalis ke-57 Fakultas Hukum Universitas Pattimura yang lalu (6/9) didukung sepenuhnya baik oleh Rektor Universitas Pattimura maupun Walikota Ambon. Hal ini disampaikan dalam Sambutan yang diberikan oleh, baik Rektor Universitas Pattimura maupun Walikota Ambon, bahwa kegiatan debat ilmiah seperti yang dilaksanakan oleh Fakultas Hukum Universitas Pattimura pada perayaan Dies Natalis ke-57 ini merupakan suatu media pembelajaran yang penting, karena tidak hanya mengasah kemampuan berpikir kritis namun juga mengasah kemampuan komunikasi siswa/i yang adalah pelanjut estafet cita-cita bangsa.

Fakultas Hukum Universitas Pattimura sendiri, aktif mengikuti kegiatan-kegiatan debat yang diselenggarakan baik di tingkat Regional maupun di tingkat Nasional dan tak jarang pula memenangkan kegiatan dimaksud. Salah satu prestasi Fakultas Hukum Universitas Pattimura dalam bidang Debat ini yakni Juara II Tim Debat Pemajuan dan Perlindungan HAM di ASEAN yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI awal bulan lalu (1-6/9) dimana mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pattimura, yang juga menjadi peserta debat pada kegiatan dimaksud juga meraih Juara I untuk kategori Pembicara Terbaik.