Lokakarya Kurikulum Program Studi Ilmu Hukum

Lokakarya Kurikulum

Fakultas Hukum Universitas Pattimura dalam tahun 2011 mendapat bantuan dana dari Kementerian Pendidikan Nasional, Ditjen Pendidikan Tinggi, Satuan Kerja Universitas Pattimura untuk melakukan Revitalisasi Kurikulum Fakultas Hukum Universitas Pattimura.

Pada intinya kegiatan lokakarya direalisasikan dengan beberapa kegitan antara lain :

  • Studi banding di 3 (tiga) Fakultas Hukum terbesar di Indonesia, yakni Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Padjadjaran Bandung dan Universitas Gajah Mada Yogjakarta. Diharapkan hasil ini akan dapat memperkaya khzana pengetahuan, khususnya pengelolaan kurikulum berbasis kompetensi dengan kemampuan yang ada. Kegiatan ini berlangsung pada bulan Maret 2011
  • Observasi dan evaluasi terhadap kemampuan lulusan di 4 (empat) kabupaten kota, yakni Kabupaten Maluku Tenggara di Tual, Kabupaten Maluku Tengah di Masohi, Kabupaten Buru di Namlea dan Kota Ambon. Untuk mengukur seberapa jauh kesiapan dan kemampuan para lulusan untuk bekerja di berbagai lapangan pekerjaan. Kegiatan ini berlangsung pada bulan April 2011
  • Lokakarya pada tingkat Bagian, di mana masing-masing Bagian membicarakan muatan-muatan mata kuliah yang akan diusulkan menjadi mata kuliah kompetensi pada masing-masing Bagian. Kegiatan ini berlangsung pada bulan Mei 2011.
  • Lokakarya Kurikulum pada tingkat Program Studi, yang lebih membicarakan penyelarasan muatan-muatan mata kuliah yang diusulkan dari Bagian, sehingga pengelolaan mata kuliah dan sumber daya yang mengajar dari bersifat lintas Bagian sesuai kompetensi bidang ilmu yang ditekuni.

Tahapan terakhir kegiatan, adalah Lokakarya Kurikulum tingkat Fakultas, yang lebih mengarahkan muatan yang telah dibicarakan pada tingkat program studi menjadi kurikulum yang berbasis kompetensi, yakni dengan mengandalkan mata kuliah dengan proporsi 40% kegiatan tatap muka dan 60% bersifat praktikum. Karena, diharapkan pada Lokakarya hari ini, dapat dilahirkan kesepakatan muatan kurikulum berbasis kompetensi penguasaan Ilmu Hukum secara profesional, sehingga lulusan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasaran kerja.

Kegiatan lokakarya yang diselengarakan pada tanggal 14 November 2011, dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH, Mhum dan dihadiri oleh para Dosen, Alumni dan Sesepuh, dengan menghadirkan 2 orang narasumber masing-masing :

  • Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, SH, MH. (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Hukum Universitas Hasanudin Makassar
  • Prof. Dr. G. Ratumanan, SPd, MPd (dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura)

Lokakarya kurikulumLokakarya kurikulum

 

download materi jenis ilmu hukum

download materi kurikulum Fakultas Hukum Unpatti 2011