Kegiatan Diskusi Nasional oleh Pusat Kajian Hukum Tata Negara

Kegiatan Diskusi Nasional dengan tema “Peradilan Tata Usaha Negara dan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018”, dilaksanakan oleh Pusat Kajian Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Hukum Universitas Pattimura, pada tanggal 6 April 2018. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Unpatti Dr. Rory J. Akyuwen, S.H., M.Hum.. Dalam sambutannya, Dekan memberikan apresiasi kepada Pusat Kajian Hukum Tata Negara sebagai penyelenggara kegiatan yang dianggap sesuai dengan tuntutan perkembangan negara saat ini. 

Diharapkan akan ada kegiatan-kegiatan seperti ini sebagai forum untuk menyampaikan gagasan, ide, konsep dari pakar-pakar Hukum Tata Negara/Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Pattimura.

Sejalan dengan itu, dalam sambutan Ketua Pusat Kajian HTN yang dibacakan oleh Sekretaris mengemukakan, bahwa sejak terbentuknya Pusat Kajian HTN inilah pertama kali dilaksanakan kegiatan ilmiah untuk umum, yang disesuaikan dengan realita kenegaraan kita dan diharapkan diwaktu yang akan datang dapat diselenggarakan kembali kegiatan-kegiatan ilmiah untuk menjawab isu-isu terkait Hukum Tata Negara/Administrasi Negara yang berkembang.

Hadir sebagai nara sumber antara lain Bapak Indaryadi, S.H., M.H. (Wakil Ketua PTUN Maluku), Prof. Dr. S.E.M.Nirahua, SH.,M.Hum (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Pattimura), dan Dr. Jemmy J. Pietersz, S.H., M.H. (Ketua Bagian HTN/HAN Fakultas Hukum Universitas Pattimura), dan sebagai moderator Dr. Revency Vania Rugebregt, S.H., M.H. Selain itu ada Narasumber Pembanding dari Ketua Panwas Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Materi yang disampaikan oleh Hakim Indaryadi tentang Kewenangan Peradilan Tata Usaha Negara dalam Penyelesaian Sengketa Pilkada dan Pemilu. Selanjutnya Prof. Dr. S. E. M. Nirahua, S.H., M.Hum. membahas tentang Pemilihan Kepala Daerah dan hubungannya dengan PTUN. Serta Dr. Jemmy J. Pietersz, S.H., M.H. berbicara tentang pengawasan pemilu. Proses diskusi yang dibangun setelah itu mendapat respon yang baik dari peserta yang hadir diantaranya Panwas Kabupaten/Kota, Mahasiswa, dan Umum. Animo tinggi dari peserta yang ditargetkan mendaftar sebanyak 100 orang membludak menjadi 174 peserta, apresiasi tinggi diberikan kepada para peserta yang haus akan ilmu hukum. Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat!

 

Image