Jurnal SASI

Jurnal SASI adalah jurnal Peer-Review yang diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Pattimura dua kali setahun pada bulan Juni (Periode Januari - Juni), dan Desember (Periode Juli - Desember). Tujuan jurnal ini adalah untuk menyediakan tempat bagi akademisi, periset dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitian atau ulasan artikel yang asli. Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya berdasarkan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Jurnal SASI tersedia dalam bentuk cetak dan versi online.


Ruang lingkup artikel yang dimuat dalam jurnal ini membahas berbagai topik di bidang Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Internasional, Hukum Administrasi, Hukum Lingkungan Hidup, Hukum Adat dan bagian lain yang terkait dengan isu kontemporer di bidang hukum.

(e-ISSN: 2614-2961 |  p-ISSN: 1693-0061)


Jurnal SASI

Informasi

 
Belum ada informasi yang diterbitkan.
 

Vol 24, No 2 (2018): Volume 24 Nomor 2, Juli - Desember 2018

Pengantar Editorial

Hukum mencakup ilmu tentang kaidah atau norma yaitu ilmu yang menelaah hukum sebagai kaidah dengan dokmatik hukum dan sistematik hukum, seperti subyek hukum, peristiwa hukum, dan kejadian hukum. Penegakan hukum harus memuat rasa keadilan, rasa kegunaan. Perlindunga kepentingan manusia harus dilaksanakan. Pelaksaaan hukum dapat berlangsung secara normal, damai tetapi dapat juga terjadi pelanggaran hukum. Apabila terjadi pelanggaran hukum maka hukum yang dilanggar itu harus ditegakan.

Dalam Volume 24 Nomor 2, Juli - Desember 2018 ini terdapat beberapa permasalahan hukum yang menjadi sorotan adalah Peran Aktif Masyarakat Hukum Adat Dalam Pembangunan Ekonomi,Perlindungan Kreditur Atas Pailit Yang Diajukan Debitur Dalam Proses Peninjauan Kembali Di Pengadilan Niaga, Perlindungan Hukum Bagi Pemilik Karya Cipta Batik Tulis Dewi Rengganis Di Desa Jatiurip Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo, Aspek Hukum Hak Cipta Terhadap Buku Elektronik (E-Book) Sebagai Karya Kekayaan Intelektual, Pencatatan Perkawinan Di Indonesia Dikaitkan Dengan Good Governance, Efektifitas  Penegakan Hukum Terhadap Eksploitasi Sumber Daya Perikanan Di Zona Ekonomi Eksklusif Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1983, Aspek Legal Spirit Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Konsekuensi Yuridis Terhadap Diabaikannya Pelaksaan Putusan Pengadilan Tatat Usaha Negara Yang Telah Memiliki Kekuatan Hukum Tetap.

Pemikiran-pemikiran yang dikembangkan di atas sebenarnya didasarkan pada kajian-kajian yang terkait dengan upaya pengembangan dan pembangunan ilmu hukum kedepan, semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.

Daftar Isi

Jenni Kristiana Matuankotta
Telah dibaca: 112 | PDF Telah diunduh: 19
PDF
101-113
Ronald Saija
Telah dibaca: 23 | PDF Telah diunduh: 11
PDF
114-123
Nuzulia Kumala Sari
Dyah Ochtorina Susanti
Telah dibaca: 33 | PDF Telah diunduh: 9
PDF
124-137
Muchtar Anshary Hamid Labetubun
Telah dibaca: 53 | PDF Telah diunduh: 19
PDF
138-149
Barzah Latupono
Telah dibaca: 10 | PDF Telah diunduh: 5
PDF
150-160
Reinier Sukarnolus Dimitri Sitanala
Telah dibaca: 11 | PDF Telah diunduh: 6
PDF
161-167
Elias Zadrach Leasa
Telah dibaca: 19 | PDF Telah diunduh: 15
PDF
168-178
Saartje Sarah Alfons
Telah dibaca: 15 | PDF Telah diunduh: 19
PDF
179-191
Dezonda Rosiana Pattipawae
Telah dibaca: 23 | PDF Telah diunduh: 9
PDF
192-204